Pastinya kita semua pernah mengalami penundaan penerbangan menuju atau dari Eropa. Menghabiskan waktu berjam-jam di bandara dan di pesawat serta menghadapi jet lag sudah cukup melelahkan. Anda mungkin mendapatkan kompensasi penerbangan UE sebagai penumpang yang melakukan perjalanan melalui Eropa.
Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi penerbangan UE jika Anda terbang dengan maskapai penerbangan UE atau maskapai yang lepas landas dari bandara Eropa, terlepas dari apakah Anda merupakan maskapai UE atau bukan. Berikut adalah film pendek yang menjelaskan hak kompensasi Anda sebagai penumpang jika terjadi penundaan, pembatalan, penolakan naik pesawat, atau kehilangan koneksi.
Click2Refund adalah perusahaan kompensasi penundaan penerbangan yang memperjuangkan kompensasi atas nama penumpang ketika mereka mengalami masalah masuk, keluar, atau transfer di Eropa. Click2Refund berkomitmen untuk membela hak-hak penumpang maskapai penerbangan.
Anda tidak perlu mengambil maskapai penerbangan sendirian jika Anda mengalami penundaan penerbangan, pembatalan, koneksi tidak terjawab, atau penolakan naik pesawat karena Click2Refund menangani semua dokumen hukum yang diperlukan. Maskapai penerbangan mempunyai reputasi dalam menunda proses dan menolak atau mengabaikan tuduhan tertentu mengenai salah urus. Mereka berharap Anda akan kewalahan atau melupakan kerugian Anda.
Jika Anda kurang beruntung dan mengalami masalah dengan penerbangan Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda menerima perawatan dan kompensasi yang tepat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perlindungan yang diberikan oleh maskapai penerbangan dan asuransi perjalanan Anda.
Apakah saya mempunyai hak kompensasi atas keterlambatan penerbangan?
Peraturan Eropa tentang Hak Penumpang Udara (EC 261/2004) menetapkan pedoman kompensasi untuk melindungi hak-hak penumpang jika penerbangan ditunda, dibatalkan, atau dipesan berlebih. Jika Anda mengalami penundaan, kehilangan koneksi, penolakan naik pesawat, atau pembatalan langsung, Anda berhak mendapatkan kompensasi EU 261 hingga 600 EUR per penumpang.
Kelayakan Anda untuk mendapatkan kompensasi jika terjadi penundaan penerbangan ditentukan oleh lamanya penundaan tersebut. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi, Anda harus tiba di tujuan setidaknya tiga jam terlambat dari waktu yang dijadwalkan. Jika perjalanan Anda memerlukan koneksi dan penerbangan pertama Anda tertunda tetapi Anda masih tiba di tujuan dalam waktu kurang dari tiga jam, Anda tidak berhak atas kompensasi.
Apa yang harus saya lakukan jika penerbangan saya dibatalkan?
Jika penerbangan Anda dengan maskapai UE dibatalkan dan Anda bepergian keluar atau masuk bandara Eropa, Anda dapat menerima pengembalian dana penuh atau naik pesawat lain ke tujuan Anda.
Anda juga berhak mendapatkan “paket perawatan” dari maskapai penerbangan Anda jika penerbangan yang dibatalkan membuat Anda terdampar, yang sering kali mencakup makanan dan minuman, akses untuk panggilan telepon, dan, jika perlu, penginapan semalam.
Kompensasi untuk penerbangan yang dibatalkan di Eropa
Anda juga dapat meminta kompensasi berdasarkan Peraturan (EC) 261/2004 jika penerbangan Anda dibatalkan kurang dari 14 hari sebelum jadwal keberangkatan.
Jika penerbangan dibatalkan, Anda dapat mengambil penerbangan pengganti ke tujuan akhir Anda, perjalanan pulang ke titik keberangkatan. Selain itu, Anda berhak mendapatkan kompensasi (termasuk penerbangan tambahan dalam pemesanan yang sama karena hal ini juga dianggap sebagai penundaan).
Jika Anda mengambil penerbangan pengganti, Anda juga mempunyai hak hukum atas bantuan jika hal itu menyebabkan Anda terlambat dua jam atau lebih dan kompensasi jika hal itu menyebabkan Anda terlambat tiga jam atau lebih (lihat di atas mengenai penundaan).
Jika tidak ada penerbangan pengganti yang disediakan, Anda masih berhak mendapatkan kompensasi mulai dari 250 hingga 600 euro ditambah pengembalian dana untuk rencana perjalanan Anda
Selain mengubah rute atau mengembalikan uang, Anda berhak mendapatkan lebih banyak uang jika penerbangan Anda dibatalkan dalam waktu kurang dari 7 hari, yang mencerminkan ketidaknyamanan tambahan dibandingkan dengan 7 hingga 14 hari.
Kompensasi jika terjadi penerbangan pengganti
Maskapai penerbangan Anda tetap harus menawarkan makanan, minuman, dan penginapan jika Anda membutuhkannya, meskipun Anda mengambil penerbangan yang berbeda.
Jika Anda tidak diberikan voucher di bandara untuk pengeluaran ini, simpanlah kwitansi Anda agar nantinya dapat mengajukan klaim ke maskapai penerbangan. Biasanya yang terbaik adalah tidak bermalam di kemewahan bintang 5 dan menikmati sampanye terbaik karena Anda hanya dapat mengklaim biaya yang “wajar”.
Apa yang terjadi jika liburan saya dikemas?
Skema Lisensi Penyelenggara Perjalanan Udara (ATOL) akan melindungi Anda jika penerbangan Anda yang dibatalkan merupakan bagian dari paket liburan dan agen perjalanan Anda berkewajiban untuk mengurus Anda.
Anda akan diberikan pilihan untuk menjadwal ulang liburan yang sama dengan harga yang sama jika tersedia jika penerbangan keluar Anda terpengaruh.
Perusahaan perjalanan Anda akan membayar biaya tambahan apa pun, seperti penginapan, dan akan mengatur agar Anda berangkat pulang sesegera mungkin jika penerbangan pulang Anda dibatalkan.
Bagaimana cara saya mengklaim kompensasi jika penerbangan saya dibatalkan atau ditunda?
Untuk menerima kompensasi, Anda harus mengajukan klaim. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi saluran layanan pelanggan maskapai. Namun, penting untuk dicatat bahwa aspek hukum yang terlibat mungkin menjadi tantangan bagi individu yang tidak memahami undang-undang dan peraturan terkait. Bukan hal yang aneh bagi maskapai penerbangan untuk memiliki tim hukum dalam jumlah besar yang mungkin berupaya menolak klaim Anda, sehingga hal ini dapat menambah kerumitan proses. Anda selalu dapat melibatkan Otoritas Penerbangan Sipil atau Badan Penegakan Nasional atau menyewa pengacara jika Anda mengalami masalah dengan klaim Anda.
Pilihan terbaik adalah mengajukan klaim melalui Click2Refund, salah satu bisnis terkemuka di Eropa yang menyediakan kompensasi penundaan penerbangan.
Pertanyaan Anda akan dijawab oleh tim yang membantu dan diinformasikan di setiap tahap. Pembayaran hanya diperlukan setelah Click2Refund memenangkan kasus Anda.
Anda harus melihat apakah penerbangan Anda yang tertunda, dibatalkan, atau dipesan berlebih selama enam tahun terakhir berhak mendapatkan kompensasi. Anda tidak pernah tahu peti harta karun apa yang mungkin tersembunyi di luar sana. Klaim saja apa yang menjadi milikmu!